Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(
|
||
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas / semester
Aspek
Alokasi waktu
|
:
:
:
:
:
|
SMK KEPERAWATAN PALOPO
BahasaInggris
SMK kelas X / I
Speaking
2 x 40 menit
|
Standar Kompetensi : 1. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Novice.
Kompetensi Dasar : 1.1. Memahami
ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan.
I.
TUJUANPEMBELAJARAN:
Pada akhir
pembelajaran, siswa dapat
· Mengungkapkan rasa terima kasih dengan ungkapan
yang benar.
Ø Karakter peserta didik yang di harapkan : Dapat dipercaya
(trustworthines)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Berani (courage)
II.
MATERI PEMBELAJARAN:
·
EXPRESSING THANKING
A. When someone gives you
something.
Thanking
|
Responses
|
-
Thanks (a lot)
-
Thank you very much (followed by)
-
It’s very nice / beatiful.
-
It is just what I want.
-
But you really didn’t have to / You shouldn’t
have ( if the gift is not expected)
|
-
You are welcom.
-
No problem
-
It’ OK/ alright
-
Don’t mention it
-
I’m glad you like it
|
B. When someone gives you
something
Thanking
|
Responses
|
-
Thanks (a lot) for your help.
-
Thanks (a lot) for your helping
-
I really apreciate your help.
-
I was very kind of you to help me
-
I’m very grateful to you for your visit
-
I’m very grateful to you for inviting me.
|
-
You are welcome
-
No problem
-
That’s OK/ alright.
-
Never mind
-
Forget it
-
Any time
-
Think nothing of it.
-
I’m glad I could help
-
Don’t mention it
-
It was my pleasure
-
It is no trouble at all.
|
III.
METODE / TEKNIK :
Metode/Teknik : Direct
Method
IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
NO.
|
KEGIATAN
|
|
|
1.
|
PENDAHULUAN
a. Guru membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
- Guru member penjelasan tentang tujuan pembelajaran
d. Orientasi: Guru member contoh manfaat materi
‘Expressing
Thanking’ dalam kehidupan sehari-hari dan
Guru memberikan motivasi
|
10’
|
|
3.
|
KEGIATAN INTI
Ø Menjelaskan materi kepada siswa
Ø
Guru memberi contoh unkapan
terima kasih.
-
Thanks (a lot)
-
Thank you very much (followed by)
-
It’s very nice / beatiful.
-
It is just what I want.
-
But you really didn’t have to / You shouldn’t
have ( if the gift is not expected)
-
Thanks (a lot) for your help.
-
Thanks (a lot) for your helping
-
I really apreciate your help.
Ø Siswa mengikuti instruksi yang diberikan guru tentang Expressing Thanking.
Ø Menjelaskan instruksi dan pertanyaan dalam
LK.
|
60’
|
|
4.
|
KEGIATAN
PENUTUP.
Ø
Menyimpulkan materi serta menanyakan kesulitan siswa dari kegiatan yang dilakukan.
Ø Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
Ø Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran seperti memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai
dengan hasil belajar peserta didik.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
10’
|
|
V.
SUMBER BELAJAR
a.
Buku cetak
yang relevan
b.
Kamus
VI.
PENILAIAN:
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Intrumen
|
INSTRUMEN
|
Penggunaan ungkapan berterima kasih
|
Tes Lisan
|
·
Performance
|
·
Orally
|
a.
Pedoman Penilaian\
Jumlah skor maksimal keseluruhan 100
b.
Rubrik Penilaian
Criteria
|
Score
|
Pronunciation
|
50
|
Delivery/supporting aids
|
50
|
Standard of Pronunciation and Delivery:
Excellent
|
41-50
|
Very good
|
31-40
|
Good
|
21-30
|
Average
|
11-20
|
Poor
|
≤10
|
Palopo, . . . September
2013
Mengetahui
Guru Pamong Mahasiswa PPL
NIRMALA ,S.Pd MUNIR
AFFANDI
NIM.
1001404272
Tidak ada komentar:
Posting Komentar