RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN 1 Baebunta
Mata Pelajaran :
MULOK (Kerajinan)
Kelas/ Semester : VII/2
Alokasi waktu :
4 x40’ (2 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi : Mengapresiasi Benda kerajinan
B. Kompetensi Dasar : 1.1.Memahami
keterampilan teknis pada produk benda kerajinan.
C.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan pengertian kerajinan, jenis
kerajinan, dan fungsi kerajinan dengan bertanggung jawab dan percaya diri.
- Mendeskripsikan alat dan bahan untuk membuat produk kerajinan dengan benar.
- Mendeskripsikan teknik pembuatan produk kerajinan dengan lengkap.
D.
Materi Ajar
1.
Pengertian keterampilan kerajinan
Keterampilan adalah kepandaian melakukan suatu pekerjaan dengan cepat dan
benar. Seseorang dapat melakukan pekerjaan dengan cepat tetapi salah tidak
dapat dikatakan terampil. Kerajinan
adalah produk yang dihasilkan dari keterampilan tangan menjadi produk
fungsional dan nonfungsional.
2.
Jenis
kerajinan yang dibuat dari bahan lunak dan keras, bahan alami dan buatan.
-Jenis kerajinan fungsional dari bahan keras dan lunak
Kerajinan fungsional dari bahan keras: mainan, wadah, souvenir dari bahan
kayu, bambu.
Kerajinan fungsional dari bahan lunak misalnya gerabah, lilin, sabun, dll.
-Jenis kerajinan nonfungsional dari bahan keras dan lunak
Kerajinan nonfungsional dari bahan keras misalnya hiasan meja dan dinding
dari bahan kayu, bambu, batu dll.
Kerajinan nonfungsional dari bahan lunak misalnya boneka, patung, dari
tanah liat, lilin, sabun, plstisin.
3.
Peralatan
pembuatan kerajinan
-Peralatan manual/tradisional adalah jenis peralatan yang penggunaannya
dengan tenaga manusia, misalnya gergaji, pahat, pisau raut, engkol bor, dll.
-Peralatan masinal adalah peralatan pembuatan produk kerajinan yang
digerakan tenaga mesin atau listrik misalnya, jigsaw, planner, circle saw, dll.
Peralatan semimasinal adalah jenis peralatan motornya digerakan oleh tenaga listrik
tapi penggunaan untuk kerja dengan tangan misalnya mesin ketam tangan,
handrill, mesin jigsaw tangan, dll.
4. Teknik pembuatan kerajinan
Teknik pembuatan kerajinan
dari bahan keras serperti, skrol, raut, ukir, konstruksi sambung, lipat, potong
dan sebagainya.
Teknik pembuatan kerajinan dari bahan lunak seperti cetak, pijit/pinch,
slab/lempengan, butsir, putar, pilin, dan kombinasinya.
5. Bahan pembuatan kerajinan
-bahan alami alami adalah bahan kerajinan yang langsung diambil dari alam
seperti, kayu, bambu, batu, rotan dll.
-bahan buatan adalah bahan olahan yang digunakan untuk membuat produk
kerajinan misalnya plastik, sabun, lilin, dll.
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Presentasi
2.
Diskusi
Metode dapat dikembangkan kearah model
pembelajaran atau strategi pembelajaran yang relevan dengan karakteristik mata
pelajaran seperti kerja kelompok atau tugas mandiri
F.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
1. Pendahuluan
a.
Memotivasi : menanyakan peserta didik tentang produk kerajinan yang dimiliki anak
b.
Menyampaiakan
KD dan tujuan pembelajaran.
c.
Menunjukkan
contoh produk kerajinan
kemudian anak disuruh menjelaskan bahan, teknik, dan fungsinya.
d.
Memperlihatkan
contoh bahan kerajinan alami
dan buatan kemudian peserta didik untuk menjelaskan.
e.
Menunjukan
peralatan kemudian anak disuruh menjelaskan fungsinya
2. Inti
a.
Membaca
buku sumber untuk menuliskan pengertian kerajinan sesuai bahasa peserta didik, untuk menanamkan rasa tanggung
jawab dan percaya diri.
b.
Diskusi
kelompok :
-
Membentuk kelompok kecil untuk membahas tugas
dan tanggungjawab anggota kelompok untuk membangun kerjasama.
-
Diskusi
membahas jenis produk kerajinan dan fungsinya
-
Diskusi
membahas bahan kerajinan alami dan buatan.
-
Diskusi
bahan lunak dan keras untuk kerajinan.
-
Jenis
peralatan pembuatan kerajinan membahas bersama
3. Penutup
a.
Presentasi
hasil temuan dari sumber untuk mempertanggungjawabkan kinerjanya
b.
Presentasi
hasil diskusi kelompok oleh perwakilan kelompok
c.
Memberikan
penghargaan kepada peserta didik yang tekun, rajin, dan berprestasi
d.
Refleksi
hasil belajar oleh guru dan peserta didik untuk mensyukuri pengetahuan dan
keterampilan yang telah diperoleh.
e.
Menarik
kesimpulan dan pemberian
tugas pengayaan untuk mengembangkan kompetensi dan percaya diri.
Pertemuan Kedua
1.
Kegiatan
Pendahuluan
-
Memotivasi : menanyakan peserta didik tentang produk kerajinan yang dimiliki anak
-
Menyampaiakan
KD dan tujuan pembelajaran.
-
Memperlihatkan
contoh bahan kerajinan alami
dan buatan kemudian peserta didik untuk menjelaskan.
-
Menunjukan
peralatan kemudian anak disuruh menjelaskan fungsinya
2.
Inti
a. Membaca buku sumber untuk menuliskan
pengertian kerajinan sesuai bahasa
peserta didik, untuk menanamkan rasa tanggung jawab dan percaya diri.
b. Diskusi kelompok :
-
Membentuk kelompok kecil untuk membahas tugas
dan tanggungjawab anggota kelompok untuk membangun kerjasama.
-
Diskusi
membahas jenis teknik pembuatan kerajinan.
-
Mendemontrasikan
cara penggunaan alat dengan teknik tertentu.
-
Jenis
peralatan dan teknik pembuatan kerajinan membahas bersama
3.
Penutup
a.Presentasi hasil temuan dari sumber
untuk mempertanggungjawabkan kinerjanya
b. Presentasi hasil diskusi kelompok oleh perwakilan
kelompok
c. Memberikan penghargaan kepada peserta
didik yang tekun, rajin, dan berprestasi
d. Refleksi hasil belajar oleh guru dan
peserta didik untuk mensyukuri pengetahuan dan keterampilan yang telah
diperoleh.
Menarik kesimpulan dan pemberian tugas pengayaan untuk mengembangkan
G. Sumber
Belajar
1.
Buku
Rustamaji.2007. Keterampilan
Kerajinan Kelas VII. Jakarta: Diknas
2.
Contoh karya kerajinan
3.
Nara sumber yang ahli dibidangnya
4.
Media cetak
5.
Media elektronik
H.
Penilaian
KD
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk soal
|
Soal
|
1.1.Memahami keterampilan teknis pada produk benda kerajinan
|
1.
Bertanggung jawab menjelaskan
pengertian keterampilan kerajinan di kelas.
2.
Menjelaskan fungsi kerajinan
3.
Mendeskrip sikan jenis
produk kerajinan, bahan, fungsi secara berkelompok
4.
Membedakan berbagai teknik dalam membuat
kerajinan
5.
Membeda kan bahan alami dan buatan
6.
Mendemontrasikan alat kerajinan
|
Tes
Nontes
|
Tes Uraian
Unjuk kerja
|
1.
Jelaskan pengertian Keterampilan kerajinan menurut
bahasamu!
2.
Jelaskan fungsi kerajinan yang kamu
ketahui!
3.
Deskripsikan jenis-jenis kerajinan yang kamu
ketahui dilihat dari bahan
dan fungsinya!
4.
Jelaskan berbagai alat untuk membuat produk kerajinan!
5.
Jelaskan teknik pembuatan kerajinan!
6.
Jelaskan perbedaan bahan alami dan buatan
7.
Demontrasikan macam-macam teknik dalam membuat kerajinan!
|
Kunci Jawaban
1.
Keterampilan adalah kepandaian melakukan suatu
pekerjaan dengan cepat dan benar. Seseorang dapat melakukan pekerjaan dengan
cepat tetapi salah tidak dapat dikatakan terampil. Kerajinan adalah produk yang dihasolkan dari
keterampilan tangan menjadi produk fungsional dan nonfungsional.
2.
Fungsi
kerajinan praktis seperti meja, kursi, wadah dan sebagainya. Fungsi kerajinan
nonfungsional seperti hiasan dinding, hiasan meja, dan asesoris lainnnya.
3.
Kerajinan
fungsional seperti wadah, gantungan kunci dibuat dari bahan alami dan buatan
yang difungsikan secara langsung untuk dipakai.
Kerajinan
nonfungsional seperti hiasan dinding, hiasan meja dibuat dari bahan alami dan
buatan yang difungsikan untuk menghias ruangan atau ojek agar lebih indah.
4.
Peralatan
masional adalah peralatan pembuatan produk kerajinan yang digerakan tenaga
mesin atau listrik misalnya, jigsaw, planner, circlesaw, dll. Peralatan
semimasinal adalah jenis peralatan motornya digerakan listrik tapi penggunaan
untuk kerja dengan tangan misalnya mesin ketam tangan, handrill, mesin jigsaw
tangan.
5.
Teknik
pembuatan kerajinan dari bahan keras serperti, skrol, raut, ukir, konstruksi
sambung, lipat, potong dan sebagainya.
Teknik
pembuatan kerajinan dari bahan lunak seperti cetak, pijit, slab, butsir, putar,
dan sebagainya
6. Bahan alami alami adalah bahan kerajinan
yang langsung diambil dari alam seperti, kayu, bambu, batu, rotan dll.
Bahan buatan adalah bahan olahan yang digunakan
untuk membuat produk kerajinan misalnya plastik, sabun, lilin, dll.
7. Dapat mendemontrasikan penggunaan alat
dengan benar sesuai kaidah dan prosedur keselamatan kerja dengan kriteria
sebagai berikut:
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
Bo-bot
|
KRITERIA PENILAIAN
|
SKOR
PEROLEHAN
(Bobot X Kriteria
Penilaian)
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||||||||
1
|
Persiapan Alat
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
2
|
Ketepatan
memegang alat
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
3
|
Ketepatan Penggunaan
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
4
|
Ketepatan Waktu
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
5
|
Keseriusan dan Kedisiplinan kerja
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
JUMLAH
|
100
|
|
|
|
|
|
|
JML SKOR PEROLEHAN x BOBOT
JML ITEM SOAL
|
PENEN TUAN NILAI AKHIR
Nomor Soal
|
Jumlah skor perolehan maksimal
|
Skor akhir
|
1
|
10
|
|
2
|
10
|
|
3
|
10
|
|
4
|
10
|
|
5
|
10
|
|
6
|
10
|
|
7
|
40
|
|
|
Skor total
|
100
|
Keterangan nilai KD 1
Mengetahui,
Kepala SMPN 1
Baebunta
Guru Mata Pelajaran
MOH. YUNUS, S.Pd, M.Si NIRMALA, S.Pd
NIP.
19680220 199303 1 006 NIP. 19660925 199412 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMPN 1 BAEBUNTA
Mata Pelajaran :
MULOK
Kelas/ Semester : VII/2
Alokasi waktu : 4x40’
A. Standar Kompetensi : Membuat benda kerajinan
B. Kompetensi Dasar :
1. Merencanakan prosedur kerja
pembuatan produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak.
2. Mendesain produk kerajinan
dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak dengan ragam hias tradisional,
manca negara maupun modifikasinya .
3.Membuat
produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak .
C.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
4.
Menjelaskan prosedur kerja dengan bertanggung
jawab dan percaya diri.
5.
Mendesain produk kerajinan dengan teknik teknik butsir, pijit, pilin dan cetak dengan ragam hias
tradisional, manca negara maupun modifikasinya sesuai fungsi dangan benar .
- Membuat kerajinan sesuai desain dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak dengan baik.
D.
Materi ajar
1.
Prosedur kerja pembuatan produk kerajinan.
a. Membaca sumber, mengamati produk kerajinan
untuk mencari ide penciptaan desain baru sesuai pilihan peserta didik secara
individual.
b. Membuat sket pradesain sampai menemukan
bentuk yang paling baik dan layak untuk dibuat untuk mengembangkan kreativitas .
c. Merencanakan perhitungan biaya produksi pembuatan
kerajinan dari bahan lunak dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak untuk membangun kemandirian peserta
didik.
2.
Membuat desain produk kerajinan dan gambar kerja kerajinan bahan lunak dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak sesuai kreativitas peserta didik.
Membuat desain produk kerajinan dengan memperhatikan aspek fungsi dan
estetikanya.
Membuat gambar kerja yang siap untuk diwujudkan karya.
3.
Membuat
kerajinan sesuai desain dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak sesuai prosedur kerja yang dengan baik untuk membangun kedisiplinan,
tanggungjawab dan kemandirian
Persiapan bahan dan peralatan
Pembentukan bodi/badan karya untuk mengembangkan kreativitas anak.
4.
Pembuatan
hiasan pada badan/bodi karya untuk pembentukan pengalaman estetik.
Pembuatan pola hias pada badan karya dengen perhitungan yang teliti
Pengerjaan pembuatan hiasan sesuai pola dengan indah.
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Presentasi
2.
Demontrasi
3.
Pemberian tugas kerja individu
Metode dapat dikembangkan kearah model
pembelajaran atau strategi pembelajaran yang relevan dengan karakteristik mata
pelajaran seperti tugas mandiri
F.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama membuat perencanaan prosedur kerja ( 1 x 40 menit)
1. Pendahuluan
a.
Motivasi
: menanyakan peserta didik tentang
produk kerajinan yang dimiliki, pernah dibuat, dan paling disenangi.
b.
Menyampaikan
KD dan tujuan pembelajaran.
c.
Menunjukkan
contoh produk kerajinan
kemudian anak disuruh mengamati dibuat dari bahan, teknik apa, dan fungsinya
untuk apa?
d.
Memperlihatkan
contoh bahan kerajinan alami
dan buatan kemudian peserta didik untuk menjelaskan.
e.
Menunjukan
peralatan kemudian anak disuruh menjelaskan dan mendomontrasikan fungsinya.
2. Inti
a.
Membaca
buku sumber untuk membuat perencanaan prosedur kerja dan perhitungan pembuatan
karya, untuk menanamkan rasa tanggung jawab dan percaya diri.
b.
Pembuatan
desain :
-
Membuat desain dengan mempertimbangkan aspek
fungsi dan keindahan karya secara individu untuk mengembangkan kreativitas dan
percaya diri.
-
Membuat
gambar kerja siap untuk dikerjakan
3. Penutup
a.
Presentasi
hasil desain dan perhitungan biaya
b.
Memberikan
penghargaan kepada peserta didik yang tekun, rajin, dan berprestasi
c.
Refleksi
hasil belajar oleh guru dan peserta didik.
d.
Menarik
kesimpulan dan pemberian
tugas penngayaan.
Pertemuan Kedua membentuk karaya sesuai desain (2x40’)
1.
Pendahuluan
a. Memperlihatkan contoh bahan kerajinan alami dan buatan kemudian
peserta didik untuk menjelaskan.
b. Menunjukan peralatan kemudian anak disuruh
menjelaskan fungsinya
2.
Inti
a. Persiapan bahan dan peralatan
b. Pengolahan bahan untuk produk sesuai
desain
c. Pembentukan karya secara global
d. Penyempurnaan karya/penghalusan karya
3.
Penutup
a.Presentasi hasil pembuatan karya
- Memberikan penghargaan kepada peserta didik yang tekun, rajin, dan berprestasi
- Refleksi hasil pembentukan karya oleh guru dan peserta didik.
- Membuat kesimpulan dan pemberian tugas penngayaan.
Pertemuan Ketiga pembuatan hiasan (1x40’)
1.
Pendahuluan
a.
Memperlihatkan contoh karya yang sudah jadi dengan hiasan yang
baik dan indah, kemudian peserta didik
untuk mengamati dan mengembangkan.
c. Menunjukan peralatan dan bahan untuk
finishing kemudian anak berfiki kritis menggunakan sesuai dengan fungsinya.
2. Kegiatan inti
a. Persiapan bahan dan peralatan pembuatan
hiasan
b. Pembuatan pola pada bentuk karya sesuai
desain
c. Pembentukan hiasan secara global
d. Penyempurnaan karya/penghalusan hiasan
3. Penutup
a. Presentasi hasil pembuatan hiasan
b. Memberikan penghargaan kepada peserta
didik yang tekun, rajin, dan berprestasi
c. Refleksi hasil pembentukan karya oleh guru dan peserta didik.
d. Membuat kesimpulan dan pemberian tugas penngayaan.
G. Sumber
Belajar
1.
Buku
2.
Contoh karya kerajinan
3.
Nara sumber yang ahli dibidangnya
4.
Media cetak
5.
Media elektronik
H. Penilaian
KD
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk soal
|
Soal
|
10.1.
Merencanakan prosedur kerja pembuatan produk kerajinan dengan teknik butsir,
pijit, pilin dan cetak.
10.2.
Mendesain produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak
dengan ragam hias tradisional, manca negara maupun modifikasinya
10. 3.Membuat
produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak .
10.4.
membuat kemasan produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit,
pilin, dan cetak sehinggga siap dipamerkan dan dijual.
|
1.
Merencanakan desain kerajinan dan
perhitungan biaya produksi pembuatan kerajinan dari bahan lunak dengan teknik
butsir, pijit, pilin dan cetak.
2. Membuat
desain dan gambar kerja kerajinan bahan lunak dengan teknik butsir, pijit,
pilin, dan cetak.
3. Membuat
kerajinan sesuai desain secara individual sesuai kreativitas, desain waktu yang ditentukan
4. Membuat kemasan produk yang sesuai desain, aman, dan indah
|
Tes
Nontes
|
Tes Uraian
Unjuk kerja
Produk
|
1. Jelaskan
urutan prosedur kerja pembuatan desain produk kerajinan dengan bahan lunak!
2. Buatlah
perencanaan desain dan biaya pembuatan kerajinan dari bahan lunak dengan
teknik butsir, pijit, pilin dan cetak
!
3. Buatlah desain kerajinan bahan lunak
dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak untuk produk
fungsional/hias sesuai kreasimu!
4. Buatlah
karya fungsional/hias dari bahan lunak dengan teknik pilihan butsir, pijit,
pilin, atau cetak sesuai desai yang kamu kerjakan!
2. Buatlah kemasan produk yang sesuai dengan bentuk
karya yang bersifat indah, aman, dan menarik!
|
Kriteria Penilaian Proses
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
Bo-bot
|
KRITERIA
PENILAIAN
|
SKOR
PEROLEHAN
(Bobot X
Kriteria Penilaian)
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||||||||
1
|
Persiapan Alat dan bahan
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
2
|
Ketepatan penggunaan
alat dan bahan
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
3
|
Ketepatan pembentukan
sesuai desain
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
4
|
Ketepatan Waktu pengerjaan
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
5
|
Keseriusan dan Kedisiplinan kerja
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
JUMLAH
|
100
|
|
|
|
|
|
|
JML SKOR PEROLEHAN x BOBOT
JML ASPEK YANG DINILAI
|
Kriteria Penilaian Produk
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
Bo-bot
|
KRITERIA
PENILAIAN
|
SKOR
PEROLEHAN
(Bobot X
Kriteria Penilaian)
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||||||||
1
|
Kesesuaian
bentuk desain dan motif hias
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
2
|
Komposisi
pembuatan pola hias pada desain produk
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
3
|
Ketepatan pembentukan
motif sesuai desain
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
4
|
Keindahan pola
hias yang digunakan
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
5
|
Kesan
keseluruhan
|
20
|
|
|
|
|
|
|
Penentuan Nilai Akhir: Proses x Bobot + hasil x Bobot
100
Keterangan nilai KD 10.1, 10.2, 10.3, 10.4
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Langkaso Guru Mata
Pelajaran
COKREM, M.Si KOLOE, S.Pd
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar