Lampiran 1: Format RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP ... (isi dengan
nama SMP)
Mata Pelajaran : ... (isi dengan
nama mata pelajaran)
Kelas/semester : ... (isi dengan tingkat dan dengan kata satu atau dua yang
relevan – dengan
huruf)
Materi Pokok : ... (isi dengan
tema/aspek/jenis teks sesuai istilah yang dipakai
pada mata pelajaran yang bersangkutan)
Alokasi Waktu :
... pertemuan (... JP) (isi jumlah pertemuan dan jumlah
jam pelajaran dengan memperhatikan jumlah jam
per minggu dan penjadwalan;
jumlah JP termasuk untuk alokasi ulangan yang
terintegrasi dalam proses
pembelajaran)
A.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
1.1.
...
|
1.1.1.
Bersyukur dengan ucapan/tindakan atas ...
1.1.2.
...
|
|
2.1. Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan
santun dalam ...
|
2.1.1.
Tidak menyontek ketika ulangan.
2.1.2.
Menyelesaikan pekerjaan/tugas tepat waktu.
2.1.3. Menginterupsi
pembicaraan pada waktu yang tepat.
2.1.4. ...
|
|
3.1.
...
|
|
|
4.1.
...
|
|
·
Kolom Kompetensi Dasar: Tulis masing-masing satu KD (atau lebih – sesuai karakteristik mapel) dari
masing-masing KI yang merupakan rangkaian (kesatuan) sikap spiritual dan sosial
dan pengetahuan dan keterampilan. KD-KD tersebut pada dasarnya dapat disalin
dari silabus.
·
Kolom Indikator Pencapaian
Kompetensi: Rumuskan dua atau lebih indikator yang sesuai dengan
Kompetensi Dasar. Indikator-indikator tersebut DAPAT dirumuskan/disalin dari Buku
Guru (bila ada).
B.
Tujuan Pembelajaran
1.
Pertemuan 1
2.
Pertemuan 2
3.
Pertemuan 3
4.
Dst.
- Rumuskan tujuan pembelajaran sebagaimana dirumuskan dalam Buku Guru. Tujuan-tujuan tersebut dikelompokkan menjadi tujuan pertemuan 1, 2, 3, dst. Apabila tujuan pembelajaran yang dirumuskan dalam Buku Guru belum layak, Anda dapat menambah tujuan pembelajaran yang relevan. Contoh: apabila dalam Buku Guru belum dirumuskan nilai (-nilai) baik spiritual maupun sosial, maka tujuan pembelajaran terkait dengan nilai-nilai tersebut perlu dirumuskan. Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur (mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan).
CONTOH:
·
Diberikan
kesempatan mengamati proses pembentukan bayangan pada model mata manusia dan
mata serangga, siswa menunjukkan kekaguman terhadap
mata sebagai alat indera.
·
Diberikan
kesempatan mengamati proses pembentukan bayangan pada model mata manusia, mata
serangga, serta melakukan tes mata, siswa menunjukkan rasa ingin tahu.
·
Diberikan
gambar mata manusia, siswa dapat menggambarkan jalan sinar utama sehingga
membentuk bayangan DENGAN BENAR.
·
Diberikan
gambar mata manusia, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian-bagiannya
DENGAN BENAR.
·
Diberikan
gambar sumber cahaya dan lubang sebagai model mata facet pada serangga, siswa
dapat menggambarkan proses pembentukan bayangannya DENGAN
BENAR.
·
Diberikan beberapa gambar cacat mata,
siswa dapat menjelaskan perbedaan penyebabnya
DENGAN BENAR.
·
Diberikan beberapa gambar cacat mata,
siswa dapat menggambar pembentukan bayangan yang
menyebabkan cacat mata DENGAN BENAR.
C.
Materi Pembelajaran
1.
Pertemuan 1
2.
Pertemuan 2
3.
Pertemuan 3
4.
Dst.
(Tulis sub-tema/topik
sebagaimana disarankan pada silabus untuk masing-masing pertemuan. Materi
pembelajaran DAPAT ditambah apabila materi yang terdapat pada silabus kurang
memadai berdasarkan kebutuhan peserta didik).
D.
Metode Pembelajaran
Metode yang direkomendasikan untuk diterapkan
adalah Metode Saintifik yang diperkaya dengan Inquiry Learning, Pendekatan
Berbasis Masalah dan Pendekatan Berbasis Proyek.
Untuk
SMP, aplikasikan
Metode Saintifik dengan atau tanpa diperkaya dengan salah satu atau lebih di
antara pendekatan pembelajaran berikut:
1.
Inquiry Learning
2.
Pembelajaran Berbasis Proyek
3.
Pembelajaran Berbasis Masalah
4.
Pembelajaran Kontekstual
5.
Pembelajaran Kooperatif
6.
Pendekatan Komunikatif
7.
Pembelajaran Langsung
Metode yang dirancang dalam RPP pada dasarnya
adalah metode yang dinyatakan secara eksplisit atau disimpulkan dari kegiatan
pembelajaran yang dirancang dalam silabus. Pemilihan tambahan metode/pendekatan
dapat dilakukan dengan menganalisis buku siswa, buku guru dan/atau berdasarkan
kebutuhan belajar peserta didik.
E.
Sumber
Belajar
Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa,
buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber,
dsb.). Berikut adalah CONTOH cara menuliskan berbagai jenis sumber belajar.
1.
Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku.
Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
2.
Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul
buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
3.
Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel.
Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman)
4.
Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit),
Halaman, Kolom
5.
Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. Tersedia di Situs internet lengkap
dengan tanggal pengunduhan
6.
Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar
yang dimaksud
7.
Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang
keahlian dan/atau profesinya
8.
Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku)
F.
Media Pembelajaran
1.
Media
2.
Alat dan bahan
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran
(video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb.). Berikut adalah
CONTOH cara menuliskan berbagai jenis media pembelajaran.
·
Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di Situs
internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
·
Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di Situs
internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
·
Model: Nama model yang dimaksud
·
Gambar: Judul gambar yang dimaksud
·
Realia: Nama benda yang dimaksud
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan 1
a.
Pendahuluan (10% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam
menit)
b.
Kegiatan inti (75% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam
menit)
c.
Penutup (15% dari total waktu pertemuan
yang dinyatakan dalam menit)
2.
Pertemuan 2
a.
Pendahuluan (10% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam
menit)
b.
Kegiatan inti (75% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam
menit)
c.
Penutup (15% dari total waktu pertemuan
yang dinyatakan dalam menit)
3.
Pertemuan 3
a.
Pendahuluan (10% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam
menit)
b.
Kegiatan inti (75% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam
menit)
c.
Penutup (15% dari total waktu pertemuan
yang dinyatakan dalam menit)
4.
Pertemuan ...,
dst.
·
Disarankan
pembelajaran mencakup tahap-tahap 5M (mengamati, mempertanyakan, mengumpulkan
informasi, mengasosiasi/menganalisis, mengomunikasikan) dalam satu pertemuan.
Namun demikian, apabila tahap-tahap 5M tersebut TIDAK dapat diselesaikan dalam
satu pertemuan karena kurangnya waktu, tahap-tahap yang belum dilaksanakan
DAPAT dilanjutkan pada pertemuan
berikutnya sampai kelima tahap tersebut selesai.
·
Kegiatan
pembelajaran pada dasarnya disalin dari silabus mata pelajaran. Kegiatan
pembelajaran tersebut dapat disempurnakan dengan cara menambah, mengurangi
dan/atau mengubahnya.
·
Kegiatan
pembelajaran dinyatakan dalam rumusan
peserta didik melakukan apa BUKAN guru melakukan apa.
·
Pada
tahap PENUTUP peserta didik ANTARA LAIN menerima tugas penguatan, pengayaan
atau remedi.
·
Kegiatan pembelajaran tidak
hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga dapat dilakukan di luar ruang kelas
dan lingkungan sekolah.
Selain itu pemanfaatan TI serta kebiasaan membaca agar digalakkan.
H.
Penilaian
1.
Sikap spiritual
a.
Teknik: Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Instrumen: lihat Lampiran ...
2.
Sikap sosial
a.
Teknik: Penilaian sejawat (antar teman)
b.
Bentuk Instrumen: ...
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Kejujuran
|
1-3
|
|
Kedisiplinan
|
4-6
|
|
Tanggung jawab
|
6-9
|
Instrumen: lihat Lampiran ...
3.
Pengetahuan
a.
Teknik: ...
b.
Bentuk Instrumen: ...
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Instrumen: lihat Lampiran ...
4.
Keterampilan
a.
Teknik: Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Check list
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Instrumen: lihat Lampiran ...
..., .............................. 20...
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
________________________ _________________________
NIP. ... NIP.
...
Lampiran 1: ...
CONTOH KEGIATAN PEMBELAJARAN 5M
Lampiran 2: Format Reviu Model RPP
FORMAT REVIU MODEL RPP
A.
Petunjuk:
1.
Berikan draf model
RPP yang Anda kembangkan kepada anggota satu tim Anda.
2.
Telaah draf model RPP
dengan teliti dan kritis untuk mengidentifikasi aspek-aspek draft yang telah
layak maupun yang masih memerlukan perbaikan berdasarkan ketentuan Kurikulum 2013.
3.
Tulis hasil telaah
Anda pada FORMAT REVIEW MODEL RPP, yaitu aspek-aspek yang telah layak dan yang
masih memerlukan perbaikan pada kolom yang disediakan – apabila aspek tertentu
memerlukan perbaikan, tulis saran perbaikan Anda pada kolom yang tersedia.
Apabila kolom yang disediakan tidak cukup, Anda dapat menuliskannya pada lembar
tambahan dan/atau pada draf model RPP yang Anda telaah.
4.
Mintalah klarifikasi
kepada pengembang apabila ada bagian-bagian yang Anda ragu-ragu pada draf yang
Anda telaah.
5.
Reviu ini untuk
memperoleh masukan penyempurnaan.
B.
Format Isian Hasil Telaah
No.
|
Komponen
|
Aspek yang Telah
Layak
|
Aspek yang Belum
Layak
|
Saran Perbaikan
|
1
|
Kelengkapan
Komponen
|
|
|
|
2
|
Organisasi Komponen
|
|
|
|
3
|
Identitas
|
|
|
|
4
|
KD dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
|
|
5
|
Tujuan Pembelajaran
|
|
|
|
6
|
Materi Pembelajaran
|
|
|
|
7
|
Metode Pembelajaran
|
|
|
|
8
|
Sumber Belajar
|
|
|
|
9
|
Media Pembelajaran
|
|
|
|
10
|
Langkah-langkah
Keg. Pembelajaran
|
|
|
|
11
|
Penilaian
|
|
|
|
12
|
Instrumen Penilaian
Sikap Spiritual
|
|
|
|
13
|
Instrumen Penilaian
Sikap Sosial
|
|
|
|
14
|
Instrumen Penilaian
Pengetahuan
|
|
|
|
15
|
Instrumen Penilaian
Keterampilan
|
|
|
|
16
|
Kelayakan Bahasa
|
|
|
|
17
|
Kelayakan Ekspresi
|
|
|
|
18
|
Lain-lain
|
|
|
|
Surabaya, 23 Juli 2013
Penelaah,
_____________________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar