Minggu, 08 Desember 2013

RPP Bahasa Ingris SMK Kelas X/I

 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP)
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas / semester
Aspek
Alokasi waktu
:
:
:
:
:


SMK KEPERAWATAN PALOPO
BahasaInggris
SMK  kelas X / I
Speaking
2  x  40 menit


Standar Kompetensi          :    1.       Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Novice.



Kompetensi Dasar             :    1.1.     Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan.


I.       TUJUANPEMBELAJARAN:
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat
·      Mengungkapkan rasa terima kasih dengan ungkapan yang benar.


Ø  Karakter peserta didik yang di harapkan : Dapat dipercaya (trustworthines)
                                                                    Tekun (diligence)
                                                                    Tanggung jawab (responsibility)
                                                                    Berani (courage)


II.    MATERI PEMBELAJARAN:

·         EXPRESSING THANKING
A.    When someone gives you something.

Thanking
Responses
-          Thanks (a lot)
-          Thank you very much  (followed by)
-          It’s very nice / beatiful.
-          It is just what I want.
-          But you really didn’t have to / You shouldn’t have ( if the gift is not expected)

-          You are welcom.
-          No problem
-          It’ OK/ alright
-          Don’t mention it
-          I’m glad you like it




B.     When someone gives you something

Thanking
Responses
-          Thanks (a lot) for your help.
-          Thanks (a lot) for your helping
-          I really apreciate your help.
-          I was very kind of you to help me
-          I’m very grateful to you for your visit
-          I’m very grateful to you for inviting me.

-          You are welcome
-          No problem
-          That’s OK/ alright.
-          Never mind
-          Forget it
-          Any time
-          Think nothing of it.
-          I’m glad I could help
-          Don’t mention it
-          It was my pleasure
-          It is no trouble at all.



III. METODE / TEKNIK  :

Metode/Teknik                  :    Direct Method

IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

NO.
KEGIATAN


1.
PENDAHULUAN
a.    Guru membuka pelajaran dengan ucapan salam
b.    Guru memeriksa kehadiran siswa
c.    Apersepsi
-      Guru member penjelasan tentang tujuan pembelajaran
d.    Orientasi: Guru member contoh manfaat materi ‘Expressing Thanking’ dalam kehidupan sehari-hari dan
     Guru memberikan motivasi


10’

3.
 KEGIATAN INTI
Ø  Menjelaskan materi kepada siswa
Ø  Guru memberi contoh unkapan terima kasih.
-          Thanks (a lot)
-          Thank you very much  (followed by)
-          It’s very nice / beatiful.
-          It is just what I want.
-          But you really didn’t have to / You shouldn’t have ( if the gift is not expected)
-          Thanks (a lot) for your help.
-          Thanks (a lot) for your helping
-          I really apreciate your help.

Ø  Siswa mengikuti instruksi yang diberikan guru tentang Expressing Thanking.
Ø  Menjelaskan instruksi dan pertanyaan dalam LK.



60’

4.
KEGIATAN PENUTUP.
Ø  Menyimpulkan materi serta menanyakan kesulitan siswa dari kegiatan yang dilakukan.
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran seperti memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok  sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
10’



V.                SUMBER BELAJAR
a.    Buku cetak yang relevan
b.    Kamus

VI.             PENILAIAN:

INDIKATOR PENCAPAIAN
Teknik Penilaian
Bentuk Intrumen
INSTRUMEN
Penggunaan ungkapan berterima kasih




 Tes Lisan





·         Performance



·         Orally


a.       Pedoman Penilaian\
Jumlah skor maksimal keseluruhan     100     

b.      Rubrik Penilaian
Criteria
Score
Pronunciation
50
Delivery/supporting aids
50

Standard of Pronunciation and Delivery:                                          
Excellent
41-50
Very good
31-40
Good
21-30
Average
11-20
Poor
≤10

           




                                                                                              
                                                                                                  Palopo, . . . September 2013

Mengetahui

            Guru Pamong                                                                  Mahasiswa PPL




NIRMALA ,S.Pd                                        MUNIR AFFANDI
                                                                    NIM. 1001404272

Tidak ada komentar:

Posting Komentar