Rabu, 11 Desember 2013

MODEL 2 RPP BAHASA INDONESIA KELAS VII, MODEL KURIKULUM 2013

No Kode:
R-3.1/3.2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan            : SMP
Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                 : VII/1
Materi Pokok                      : Teks Hasil Observasi
Tema                                      : Cinta Lingkungan Hidup (Teks Hasil Observasi)
Subtema                               : Cinta Lingkungan
Alokasi Waktu                    : 6 x 40 menit (3 x Tatap Muka)

A.      Kompetensi Dasar dan Indikator
1.2        Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
Indikator
1)        menggunakan Bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam bentul lisan
2)        menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam  bentuk tulis
2.1        Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
Indikator
1)      menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
2)      menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
3)      menunjukkan perilaku santun  dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
3.1        Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
1)      menjelaskan struktur teks hasil obeservasi
2)      menjelaskan ciri-ciri bahasa (fitur bahasa) teks hasil observasi
4.1     Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
                   Indikator
1)        memaknai kata dan istilah dalam teks hasil observasi
2)        memaknai isi teks hasil observasi





B.      Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa  menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami informasi secara lisan dan tulis  sebagai bentuk dari rasa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.    Siswa menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
3.    Siswa menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
4.    Siswa menunjukkan perilaku santun  dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
5.     Diberikan model teks hasil observasi, siswa dapat menjelaskan struktur teks hasil obeservasi
6.    Diberikan model teks hasil observasi, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri bahasa (fitur bahasa) teks hasil observasi
7.    Diberikan model teks hasil observasi, siswa dapat memaknai kata dan istilah yang terdapat dalam teks hasil observasi
8.    Diberikan model teks hasil observasi, siswa dapat memaknai isi teks hasil observasi

C.      Materi Pembelajaran
·                  Struktur teks hasil observasi
·                  Ciri bahasa teks hasil observasi
·                  Makna kata dan Istilah

D.      Metode Pembelajaran
Metode discovery learning, diskusi,  tanya jawab, penugasan,  dan presentasi.

E.       Media
1.    Teks hasil observasi
2.    Gambar
3.    Teks puisi

F.       Sumber Belajar
1.    Buku Siswa
2.    LKS

G.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.       Pertemuan Pertama
a.       Kegiatan Pendahuluan
1)      Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2)      Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)      Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
4)      Untuk menarik minat dan menggugah kesadaran siswa agar  mencintai lingkungan hidup siswa mendengarkan pembacaan puisi bertema lingkungan hidup yang berjudul “Tanah Kelahiran” karya Ramadhan K.H. (buku siswa hlm. 3)
b.      Kegiatan Inti
1)      Untuk membangun konteks pembelajaran, dengan sikap peduli dan santun siswa mengamati sebuah gambar lingkungan hidup (buku siswa hlm. 3)
2)      Dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan konteks pembelajaran
3)      Dengan sikap responsif, santun, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar siswa menjawab pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan gambar yang dilihat dan pertanyaan pada tugas 1 (buku siswa hlm. 4-5)
4)      Siswa mengambil kertas undian yang berisi istilah kebahasaan. Lalu, masing-masing siswa menyebutkan kata yang sama, bersatu membentuk kelompok kecil dan menamakan kelompoknya sesuai istilah yang dipilihnya.
5)      Dengan sikap santun dan responsive siswa menyimak pembacaan teks laporan hasil observasi (buku siswa hlm. 5-6)
6)      Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks yang disimaknya (tugas 2 pada buku siswa hlm. 6)
7)      Dengan sikap santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar siswa melaporkan hasil diskusinya.
8)      Kelompok lain menanggapi dengan responsif dan santun.
9)      Dengan sikap responsif dan peduli siswa menyimak penjelasan guru mengenai struktur teks laporan hasil observasi
10)   Dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan struktur teks hasil observasi.
11)   Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa membaca dan mengamati teks hasil observasi (buku siswa hlm. 5-6)
12)   Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa berdiskusi menentukan struktur teks hasil observasi (tugas 3 hlm. 7).
13)   Dengan sikap tanggung jawab, santun, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar salah satu perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusinya.
14)   Kelompok lain menanggapi dengan responsif dan santun.
c.       Kegiatan Penutup
1)         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)         Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks hasil observasi
3)         Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami struktur teks hasil observasi.
4)         Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
2.     Pertemuan Kedua
a.    Kegiatan Pendahuluan
1)  Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)      Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)      Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.    Kegiatan Inti
1)         Kedalaman pengetahuan dan kemampuan siswa tentang ciri-ciri bahasa teks hasil observasi dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh atau model teks hasil observasi.
2)         Dengan sikap responsif dan peduli siswa menyimak penjelasan guru mengenai ciri-ciri bahasa teks laporan hasil observasi
3)         Dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan ciri-ciri bahasa teks hasil observasi.
4)         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa membaca dan mengamati teks hasil observasi (buku siswa hlm. 5-6)
5)         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa berdiskusi menentukan ciri-ciri bahasa teks hasil observasi.
6)         Dengan sikap tanggung jawab, santun, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar salah satu perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusinya.
7)         Kelompok lain menanggapi dengan responsif dan santun.
c.     Kegiatan Penutup
1)         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)         Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks hasil observasi
3)         Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami struktur teks hasil observasi.
4)         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa menyimak informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ketiga
a.    Kegiatan Pendahuluan
1)         Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)         Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.    Kegiatan Inti
4)         Dengan sikap responsif siswa mengamati beberapa kalimat yang dirumpangkan dan menentukan kata yang tepat untuk melengkapinya .
5)      Dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan istilah dan makna kata
6)      Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa membaca dan mengamati unsure kebahasaan teks hasil observasi (buku siswa hlm. 5-6)
7)      Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa berdiskusi mengerjakan tugas 4 (buku siswa hlm. 8).
8)      Dengan sikap tanggung jawab, santun, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar salah satu perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusinya.
9)      Kelompok lain menanggapi dengan responsif dan santun.
10)   Siswa mengulang kembali kegiatan 7-9 dengan menggunakan teks yang berbeda
b.    Kegiatan Penutup
1)         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)         Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks hasil observasi
3)         Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami struktur teks hasil observasi.
4)         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa menyimak informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.






H.     Penilaian
1.    Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk
Pengamatan Sikap  
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis 
Tes Uraian dan Pilihan
Tes Unjuk Kerja 
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik

2.    Contoh Instrumen Penilaian
a.    Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.

















2.

















3.

















….


















Rubrik penilaian sikap
Rubrik
Skor
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan
1

menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
2
menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
3
menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
4

b.    Tes Tertulis
Tes Uraian
1)    Berdasarkan teks laporan hasil observasi yang diberikan, identifikasikanlah dan jelaskan struktur teks laporan hasil observasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)
2)    Berdasarkan teks laporan hasil observasi, identifikasi dan jelaskanlah ciri-ciri bahasa teks laporan hasil observasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!



Kunci
1)                   

Struktur Teks
Kalimat


Definisi umum



Deskripsi bagian



Deskripsi manfaat

   Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

2)                   

Ciri-ciri Teks
Kalimat


Penggunaan kata sifat



Penggunaan kata kerja aksi




Penggunaan istilah-istilah teknis


       Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks
Pedoman Penskoran
No.
Aspek dan Kriteria
Skor
1.
Kelengkapan
a.       Struktur dan ciri-ciri teks observasi  lengkap
b.      Struktur dan ciri-ciri teks observasi  kurang lengkap
c.       Struktur dan ciri-ciri teks observasi  tidak  lengkap

3
2
1
2.
Kesesuaian
a.       Data (kalimat) mendukung atau sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks observasi dimaksud
b.      Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks observasi dimaksud
c.       Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks observasi dimaksud

3

2

1

c.     Tes Unjuk Kerja
Tes uji petik kerja
1)    Berdasarkan teks laporan hasil observasi, tentukan makna kata atau istilah yang digarisbawahi pada teks laporan tersebut!
2)    Berdasarkan teks laporan hasil observasi, tentukan makna teks laporan tersebut disertai dengan data yang mendukung!
Rubrik
…………….                                                                        Jakarta,  Juli  2013
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Endang Kurniawan, M. Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar