Rabu, 11 Desember 2013

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : SMPN 1 Baebunta
Mata Pelajaran                        : MULOK (Kerajinan)
Kelas/  Semester                      : VII/2
Alokasi waktu                         : 4 x40’ (2 x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi      : Mengapresiasi Benda kerajinan

B.     Kompetensi Dasar          : 1.1.Memahami keterampilan teknis pada produk benda kerajinan.

C.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1.      Menjelaskan pengertian kerajinan, jenis kerajinan, dan fungsi kerajinan dengan bertanggung jawab dan percaya diri.
  1. Mendeskripsikan  alat dan bahan untuk membuat produk kerajinan dengan benar.
  2. Mendeskripsikan teknik pembuatan produk kerajinan dengan lengkap.

D.    Materi Ajar
            1.      Pengertian keterampilan kerajinan
Keterampilan adalah kepandaian melakukan suatu pekerjaan dengan cepat dan benar. Seseorang dapat melakukan pekerjaan dengan cepat tetapi salah tidak dapat dikatakan terampil. Kerajinan adalah produk yang dihasilkan dari keterampilan tangan menjadi produk fungsional dan nonfungsional.

            2.      Jenis kerajinan yang dibuat dari bahan lunak dan keras, bahan alami dan buatan.
-Jenis kerajinan fungsional dari bahan keras dan lunak
Kerajinan fungsional dari bahan keras: mainan, wadah, souvenir dari bahan kayu, bambu.
Kerajinan fungsional dari bahan lunak misalnya gerabah, lilin, sabun, dll.
-Jenis kerajinan nonfungsional dari bahan keras dan lunak
Kerajinan nonfungsional dari bahan keras misalnya hiasan meja dan dinding dari bahan kayu, bambu, batu dll.
Kerajinan nonfungsional dari bahan lunak misalnya boneka, patung, dari tanah liat, lilin, sabun, plstisin.

            3.      Peralatan pembuatan kerajinan
-Peralatan manual/tradisional adalah jenis peralatan yang penggunaannya dengan tenaga manusia, misalnya gergaji, pahat, pisau raut, engkol bor, dll.
-Peralatan masinal adalah peralatan pembuatan produk kerajinan yang digerakan tenaga mesin atau listrik misalnya, jigsaw, planner, circle saw, dll. Peralatan semimasinal adalah jenis peralatan motornya digerakan oleh tenaga listrik tapi penggunaan untuk kerja dengan tangan misalnya mesin ketam tangan, handrill, mesin jigsaw tangan, dll.

4. Teknik pembuatan kerajinan
            Teknik pembuatan kerajinan dari bahan keras serperti, skrol, raut, ukir, konstruksi sambung, lipat, potong dan sebagainya.
Teknik pembuatan kerajinan dari bahan lunak seperti cetak, pijit/pinch, slab/lempengan, butsir, putar, pilin, dan kombinasinya.

5.   Bahan pembuatan kerajinan
-bahan alami alami adalah bahan kerajinan yang langsung diambil dari alam seperti, kayu, bambu, batu, rotan dll.
-bahan buatan adalah bahan olahan yang digunakan untuk membuat produk kerajinan misalnya plastik, sabun, lilin, dll.

E.     Metode Pembelajaran
                          1.      Presentasi
                          2.      Diskusi

Metode dapat dikembangkan kearah model pembelajaran atau strategi pembelajaran yang relevan dengan karakteristik mata pelajaran seperti kerja kelompok atau tugas mandiri

F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
    1. Pendahuluan
a.       Memotivasi : menanyakan peserta didik tentang produk kerajinan yang dimiliki anak
b.      Menyampaiakan KD dan tujuan pembelajaran.
c.       Menunjukkan contoh produk kerajinan kemudian anak disuruh menjelaskan bahan, teknik, dan fungsinya.
d.      Memperlihatkan contoh bahan kerajinan alami dan buatan kemudian peserta didik untuk menjelaskan.
e.       Menunjukan peralatan kemudian anak disuruh menjelaskan fungsinya

            2.  Inti
a.       Membaca buku sumber untuk menuliskan pengertian kerajinan sesuai bahasa  peserta didik, untuk menanamkan rasa tanggung jawab dan percaya diri.
b.      Diskusi kelompok :
-            Membentuk kelompok kecil untuk membahas tugas dan tanggungjawab anggota kelompok untuk membangun kerjasama.
-            Diskusi membahas jenis produk kerajinan dan fungsinya
-            Diskusi membahas bahan kerajinan alami dan buatan.
-            Diskusi bahan lunak dan keras untuk kerajinan.
-            Jenis peralatan pembuatan kerajinan membahas bersama

            3.  Penutup
a.       Presentasi hasil temuan dari sumber untuk mempertanggungjawabkan kinerjanya
b.      Presentasi hasil diskusi kelompok oleh perwakilan kelompok
c.       Memberikan penghargaan kepada peserta didik yang tekun, rajin, dan berprestasi
d.      Refleksi hasil belajar oleh guru dan peserta didik untuk mensyukuri pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh.
e.       Menarik kesimpulan dan pemberian tugas pengayaan untuk mengembangkan kompetensi dan percaya diri.

Pertemuan Kedua
                               1.      Kegiatan Pendahuluan
-          Memotivasi : menanyakan peserta didik tentang produk kerajinan yang dimiliki anak
-          Menyampaiakan KD dan tujuan pembelajaran.
-          Memperlihatkan contoh bahan kerajinan alami dan buatan kemudian peserta didik untuk menjelaskan.
-          Menunjukan peralatan kemudian anak disuruh menjelaskan fungsinya

                               2.      Inti
a.       Membaca buku sumber untuk menuliskan pengertian kerajinan sesuai bahasa  peserta didik, untuk menanamkan rasa tanggung jawab dan percaya diri.
b.      Diskusi kelompok :
-            Membentuk kelompok kecil untuk membahas tugas dan tanggungjawab anggota kelompok untuk membangun kerjasama.
-            Diskusi membahas jenis teknik pembuatan kerajinan.
-            Mendemontrasikan cara penggunaan alat dengan teknik tertentu.
-            Jenis peralatan dan teknik pembuatan kerajinan membahas bersama

                               3.      Penutup
a.Presentasi hasil temuan dari sumber untuk mempertanggungjawabkan kinerjanya
b.      Presentasi hasil diskusi kelompok oleh perwakilan kelompok
c.       Memberikan penghargaan kepada peserta didik yang tekun, rajin, dan berprestasi
d.      Refleksi hasil belajar oleh guru dan peserta didik untuk mensyukuri pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh.
Menarik kesimpulan dan pemberian tugas pengayaan untuk mengembangkan

G.    Sumber Belajar
1.      Buku
Rustamaji.2007. Keterampilan Kerajinan Kelas VII. Jakarta: Diknas
2.      Contoh  karya kerajinan
3.      Nara sumber yang ahli dibidangnya
4.      Media cetak
5.      Media elektronik

H.    Penilaian 

KD
Indikator
Teknik
Bentuk soal
Soal
1.1.Memahami keterampilan teknis pada produk benda kerajinan

1.     Bertanggung jawab menjelaskan pengertian keterampilan kerajinan di kelas.

2.      Menjelaskan fungsi kerajinan

3.      Mendeskrip sikan jenis produk kerajinan, bahan, fungsi secara berkelompok

4.      Membedakan berbagai teknik dalam membuat kerajinan

5.      Membeda kan bahan alami dan buatan

6.      Mendemontrasikan alat kerajinan

Tes





























Nontes
Tes Uraian
Unjuk kerja





























1.    Jelaskan pengertian Keterampilan kerajinan menurut bahasamu!

2.    Jelaskan fungsi kerajinan yang kamu ketahui!


3.    Deskripsikan jenis-jenis kerajinan yang kamu ketahui dilihat dari bahan
dan fungsinya!

4.    Jelaskan berbagai alat  untuk membuat produk kerajinan!

5.    Jelaskan teknik pembuatan kerajinan!


6.    Jelaskan perbedaan bahan alami dan buatan

7.    Demontrasikan  macam-macam teknik dalam membuat kerajinan!


Kunci Jawaban
1.      Keterampilan adalah kepandaian melakukan suatu pekerjaan dengan cepat dan benar. Seseorang dapat melakukan pekerjaan dengan cepat tetapi salah tidak dapat dikatakan terampil. Kerajinan adalah produk yang dihasolkan dari keterampilan tangan menjadi produk fungsional dan nonfungsional.
2.      Fungsi kerajinan praktis seperti meja, kursi, wadah dan sebagainya. Fungsi kerajinan nonfungsional seperti hiasan dinding, hiasan meja, dan asesoris lainnnya.
3.      Kerajinan fungsional seperti wadah, gantungan kunci dibuat dari bahan alami dan buatan yang difungsikan secara langsung untuk dipakai.

Kerajinan nonfungsional seperti hiasan dinding, hiasan meja dibuat dari bahan alami dan buatan yang difungsikan untuk menghias ruangan atau ojek agar lebih indah.
4.      Peralatan masional adalah peralatan pembuatan produk kerajinan yang digerakan tenaga mesin atau listrik misalnya, jigsaw, planner, circlesaw, dll. Peralatan semimasinal adalah jenis peralatan motornya digerakan listrik tapi penggunaan untuk kerja dengan tangan misalnya mesin ketam tangan, handrill, mesin jigsaw tangan.
5.      Teknik pembuatan kerajinan dari bahan keras serperti, skrol, raut, ukir, konstruksi sambung, lipat, potong dan sebagainya.
Teknik pembuatan kerajinan dari bahan lunak seperti cetak, pijit, slab, butsir, putar, dan sebagainya
6.      Bahan alami alami adalah bahan kerajinan yang langsung diambil dari alam seperti, kayu, bambu, batu, rotan dll.
Bahan buatan adalah bahan olahan yang digunakan untuk membuat produk kerajinan misalnya plastik, sabun, lilin, dll.

7.      Dapat mendemontrasikan penggunaan alat dengan benar sesuai kaidah dan prosedur keselamatan kerja dengan kriteria sebagai berikut:


NO


ASPEK YANG DINILAI


Bo-bot

KRITERIA PENILAIAN

SKOR
PEROLEHAN
(Bobot X Kriteria Penilaian)

1


2

3

4


5

1
Persiapan Alat
20






2
Ketepatan memegang alat
20






3
Ketepatan Penggunaan
20






4
Ketepatan Waktu
20






5
Keseriusan dan Kedisiplinan kerja
20




4
Ketepatan Waktu
20





100


JUMLAH
100




4
Ketepatan Waktu
20





100

                                                           
           
JML SKOR PEROLEHAN x BOBOT
  JML ITEM SOAL
 

NILAI AKHIR = 


PENEN TUAN NILAI AKHIR
Nomor Soal
Jumlah skor perolehan maksimal
Skor akhir
1
10

2
10

3
10

4
10

5
10

6
10

7
40


Skor total
100
Keterangan nilai KD 1

Mengetahui,
Kepala  SMPN 1 Baebunta                                                                               Guru Mata Pelajaran



MOH. YUNUS, S.Pd, M.Si                                                                         NIRMALA, S.Pd     
NIP. 19680220 199303 1 006                                                                       NIP. 19660925 199412 2 001                                                                                                                                                        






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMPN 1 BAEBUNTA
Mata Pelajaran                        : MULOK
Kelas/  Semester                      : VII/2
Alokasi waktu                         : 4x40’
A.   Standar Kompetensi       : Membuat benda kerajinan
B.  Kompetensi Dasar           :
1. Merencanakan prosedur kerja pembuatan produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak.
2. Mendesain produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak dengan ragam hias tradisional, manca negara maupun modifikasinya .
     3.Membuat produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin  dan cetak .

C.    Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat :
4.      Menjelaskan prosedur kerja dengan bertanggung jawab dan percaya diri.
5.      Mendesain produk kerajinan dengan teknik  teknik butsir, pijit, pilin dan cetak dengan ragam hias tradisional, manca negara maupun modifikasinya sesuai fungsi dangan benar .
  1. Membuat kerajinan sesuai desain dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak dengan baik.

D.            Materi ajar
            1.      Prosedur kerja pembuatan produk kerajinan.
a.       Membaca sumber, mengamati produk kerajinan untuk mencari ide penciptaan desain baru sesuai pilihan peserta didik secara individual.
b.      Membuat sket pradesain sampai menemukan bentuk yang paling baik dan layak untuk dibuat untuk mengembangkan kreativitas .
c.       Merencanakan  perhitungan biaya produksi pembuatan kerajinan dari bahan lunak dengan teknik butsir, pijit, pilin  dan cetak untuk membangun kemandirian peserta didik.

            2.      Membuat desain produk kerajinan dan gambar kerja kerajinan bahan lunak dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak sesuai kreativitas peserta didik.
Membuat desain produk kerajinan dengan memperhatikan aspek fungsi dan estetikanya.
Membuat gambar kerja yang siap untuk diwujudkan karya.

            3.      Membuat kerajinan sesuai desain dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak sesuai prosedur kerja yang dengan baik untuk membangun kedisiplinan, tanggungjawab dan kemandirian
Persiapan bahan dan peralatan
Pembentukan bodi/badan karya untuk mengembangkan kreativitas anak.
            4.      Pembuatan hiasan pada badan/bodi karya untuk pembentukan pengalaman estetik.
Pembuatan pola hias pada badan karya dengen perhitungan yang teliti
Pengerjaan pembuatan hiasan sesuai pola dengan indah.


E.     Metode Pembelajaran
                     1.      Presentasi
                     2.      Demontrasi
                     3.      Pemberian tugas kerja individu

Metode dapat dikembangkan kearah model pembelajaran atau strategi pembelajaran yang relevan dengan karakteristik mata pelajaran seperti tugas mandiri

F.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama  membuat perencanaan prosedur kerja ( 1 x 40 menit)
            1. Pendahuluan
a.       Motivasi : menanyakan peserta didik tentang produk kerajinan yang dimiliki, pernah dibuat,  dan paling disenangi.
b.      Menyampaikan KD dan tujuan pembelajaran.
c.       Menunjukkan contoh produk kerajinan kemudian anak disuruh mengamati dibuat dari bahan, teknik apa, dan fungsinya untuk apa?
d.      Memperlihatkan contoh bahan kerajinan alami dan buatan kemudian peserta didik untuk menjelaskan.
e.       Menunjukan peralatan kemudian anak disuruh menjelaskan dan mendomontrasikan fungsinya.

            2. Inti
a.       Membaca buku sumber untuk membuat perencanaan prosedur kerja dan perhitungan pembuatan karya, untuk menanamkan rasa tanggung jawab dan percaya diri.
b.      Pembuatan desain :
-            Membuat desain dengan mempertimbangkan aspek fungsi dan keindahan karya secara individu untuk mengembangkan kreativitas dan percaya diri.
-            Membuat gambar kerja siap untuk dikerjakan

            3. Penutup
a.       Presentasi hasil desain dan perhitungan biaya
b.      Memberikan penghargaan kepada peserta didik yang tekun, rajin, dan berprestasi
c.       Refleksi hasil belajar oleh guru dan peserta didik.
d.      Menarik kesimpulan dan pemberian tugas penngayaan.

Pertemuan Kedua membentuk karaya sesuai desain (2x40’)
                               1.      Pendahuluan
a.       Memperlihatkan contoh bahan kerajinan alami dan buatan kemudian peserta didik untuk menjelaskan.
b.      Menunjukan peralatan kemudian anak disuruh menjelaskan fungsinya

                               2.      Inti
a.       Persiapan bahan dan peralatan
b.      Pengolahan bahan untuk produk sesuai desain
c.       Pembentukan karya secara global
d.      Penyempurnaan karya/penghalusan karya

                     3.      Penutup
a.Presentasi hasil pembuatan karya
    1. Memberikan penghargaan kepada peserta didik yang tekun, rajin, dan berprestasi
    2. Refleksi hasil pembentukan karya  oleh guru dan peserta didik.
    3. Membuat kesimpulan dan pemberian tugas penngayaan.

Pertemuan Ketiga pembuatan hiasan (1x40’)
                     1.      Pendahuluan
a.   Memperlihatkan contoh karya yang sudah jadi dengan hiasan yang baik dan indah,  kemudian peserta didik untuk mengamati dan mengembangkan.
c.       Menunjukan peralatan dan bahan untuk finishing kemudian anak berfiki kritis menggunakan sesuai dengan fungsinya.

2.      Kegiatan inti
a.       Persiapan bahan dan peralatan pembuatan hiasan
b.      Pembuatan pola pada bentuk karya sesuai desain
c.       Pembentukan hiasan secara global
d.      Penyempurnaan karya/penghalusan hiasan

3.      Penutup
a.       Presentasi hasil pembuatan hiasan
b.      Memberikan penghargaan kepada peserta didik yang tekun, rajin, dan berprestasi
c.       Refleksi hasil pembentukan karya  oleh guru dan peserta didik.
d.      Membuat kesimpulan dan pemberian tugas penngayaan.

G.    Sumber Belajar
1.      Buku
2.      Contoh  karya kerajinan
3.      Nara sumber yang ahli dibidangnya
4.      Media cetak
5.      Media elektronik

H.    Penilaian 

KD
Indikator
Teknik
Bentuk soal
Soal
10.1. Merencanakan prosedur kerja pembuatan produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak.



10.2. Mendesain produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak dengan ragam hias tradisional, manca negara maupun modifikasinya

10. 3.Membuat produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin  dan cetak .


10.4. membuat kemasan produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak sehinggga siap dipamerkan dan dijual.

1. Merencanakan  desain kerajinan dan perhitungan biaya produksi pembuatan kerajinan dari bahan lunak dengan teknik butsir, pijit, pilin  dan cetak.

2. Membuat desain dan gambar kerja kerajinan bahan lunak dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak.




3. Membuat kerajinan sesuai desain secara individual sesuai  kreativitas, desain waktu yang ditentukan

4. Membuat kemasan produk yang sesuai desain, aman,  dan indah
Tes











Nontes


Tes Uraian
Unjuk kerja
Produk


















1. Jelaskan urutan prosedur kerja pembuatan desain produk kerajinan dengan bahan lunak!

2. Buatlah perencanaan desain dan biaya pembuatan kerajinan dari bahan lunak dengan teknik butsir, pijit, pilin  dan cetak !

3. Buatlah desain kerajinan bahan lunak dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak untuk produk fungsional/hias sesuai kreasimu!

4. Buatlah karya fungsional/hias dari bahan lunak dengan teknik pilihan butsir, pijit, pilin, atau cetak sesuai desai yang kamu kerjakan!

2. Buatlah kemasan produk yang sesuai dengan bentuk karya yang bersifat indah, aman, dan menarik!



Kriteria Penilaian Proses

NO


ASPEK YANG DINILAI


Bo-bot

KRITERIA PENILAIAN

SKOR
PEROLEHAN
(Bobot X Kriteria Penilaian)

1


2

3

4


5

1
Persiapan Alat dan bahan
20






2
Ketepatan penggunaan alat dan bahan
20






3
Ketepatan pembentukan sesuai desain
20






4
Ketepatan Waktu pengerjaan
20






5
Keseriusan dan Kedisiplinan kerja
20




4
Ketepatan Waktu
20





100


JUMLAH
100




4
Ketepatan Waktu
20





100


JML SKOR PEROLEHAN x BOBOT
  JML ASPEK YANG DINILAI
 

NILAI AKHIR = 

Kriteria Penilaian Produk
NO


ASPEK YANG DINILAI


Bo-bot

KRITERIA PENILAIAN

SKOR
PEROLEHAN
(Bobot X Kriteria Penilaian)

1


2

3

4


5

1
Kesesuaian bentuk desain dan motif  hias
20






2
Komposisi pembuatan pola hias pada desain produk
20






3
Ketepatan pembentukan motif sesuai desain
20






4
Keindahan pola hias yang digunakan
20






5
Kesan keseluruhan
20




4
Ketepatan Waktu
20





100


Penentuan Nilai Akhir:  Proses x Bobot + hasil x Bobot
                                                          100

Keterangan nilai KD 10.1, 10.2, 10.3, 10.4
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Langkaso                                                                              Guru Mata Pelajaran


COKREM, M.Si                                                                                                     KOLOE, S.Pd         
NIP.                                                                                                          NIP.                                                                                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar