Rabu, 11 Desember 2013

Pedoman Pembuatan RPP Kurikulum 2013

Lampiran 1: Format RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             : SMP ... (isi dengan nama SMP)
Mata Pelajaran                    : ... (isi dengan nama mata pelajaran)
Kelas/semester                     : ... (isi dengan tingkat dan dengan kata satu atau dua yang relevan – dengan
 huruf)
Materi Pokok                                    : ... (isi dengan tema/aspek/jenis teks sesuai istilah yang dipakai
  pada mata pelajaran yang bersangkutan)
Alokasi Waktu                     : ... pertemuan (...  JP) (isi jumlah pertemuan dan jumlah
  jam pelajaran dengan memperhatikan jumlah jam per minggu dan penjadwalan;
  jumlah JP termasuk untuk alokasi ulangan yang terintegrasi dalam proses
  pembelajaran)


A.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
  1.  
1.1.    ...
1.1.1.                 Bersyukur dengan ucapan/tindakan atas ...
1.1.2.                 ...
  1.  
2.1.    Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam ...

2.1.1.                 Tidak menyontek ketika ulangan.
2.1.2.                 Menyelesaikan pekerjaan/tugas tepat waktu.
2.1.3.      Menginterupsi pembicaraan pada waktu yang tepat.
2.1.4.      ...
  1.  
3.1.    ...

  1.  
4.1.    ...


·           Kolom Kompetensi Dasar: Tulis masing-masing satu KD (atau lebih – sesuai karakteristik mapel) dari masing-masing KI yang merupakan rangkaian (kesatuan) sikap spiritual dan sosial dan pengetahuan dan keterampilan. KD-KD tersebut pada dasarnya dapat disalin dari silabus.
·           Kolom Indikator Pencapaian Kompetensi: Rumuskan dua atau lebih indikator yang sesuai dengan Kompetensi Dasar. Indikator-indikator tersebut DAPAT dirumuskan/disalin dari Buku Guru (bila ada).


B.       Tujuan Pembelajaran  

1.         Pertemuan 1
2.         Pertemuan 2
3.         Pertemuan 3
4.         Dst.

  • Rumuskan tujuan pembelajaran sebagaimana dirumuskan dalam Buku Guru. Tujuan-tujuan tersebut dikelompokkan menjadi tujuan pertemuan 1, 2, 3, dst. Apabila tujuan pembelajaran yang dirumuskan dalam Buku Guru belum layak, Anda dapat menambah tujuan pembelajaran yang relevan. Contoh: apabila dalam Buku Guru belum dirumuskan nilai (-nilai) baik spiritual maupun sosial, maka tujuan pembelajaran terkait dengan nilai-nilai tersebut perlu dirumuskan. Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur (mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan).

CONTOH:
·         Diberikan kesempatan mengamati proses pembentukan bayangan pada model mata manusia dan mata serangga, siswa menunjukkan kekaguman terhadap mata sebagai alat indera.
·         Diberikan kesempatan mengamati proses pembentukan bayangan pada model mata manusia, mata serangga, serta melakukan tes mata, siswa menunjukkan rasa ingin tahu.
·         Diberikan gambar mata manusia, siswa dapat menggambarkan jalan sinar utama sehingga membentuk bayangan DENGAN BENAR.
·         Diberikan gambar mata manusia, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian-bagiannya DENGAN BENAR.
·         Diberikan gambar sumber cahaya dan lubang sebagai model mata facet pada serangga, siswa dapat menggambarkan proses pembentukan bayangannya DENGAN BENAR.
·         Diberikan beberapa gambar cacat mata, siswa dapat menjelaskan perbedaan penyebabnya DENGAN BENAR.
·         Diberikan beberapa gambar cacat mata, siswa dapat menggambar pembentukan bayangan yang menyebabkan cacat mata DENGAN BENAR.

C.      Materi Pembelajaran 

1.         Pertemuan 1
2.         Pertemuan 2
3.         Pertemuan 3
4.         Dst.

(Tulis sub-tema/topik sebagaimana disarankan pada silabus untuk masing-masing pertemuan. Materi pembelajaran DAPAT ditambah apabila materi yang terdapat pada silabus kurang memadai berdasarkan kebutuhan peserta didik).


D.      Metode Pembelajaran

Metode yang direkomendasikan untuk diterapkan adalah Metode Saintifik yang diperkaya dengan Inquiry Learning, Pendekatan Berbasis Masalah dan Pendekatan Berbasis Proyek.

Untuk SMP,  aplikasikan Metode Saintifik dengan atau tanpa diperkaya dengan salah satu atau lebih di antara pendekatan pembelajaran berikut:

           1.       Inquiry Learning
           2.       Pembelajaran Berbasis Proyek
           3.       Pembelajaran Berbasis Masalah
           4.       Pembelajaran Kontekstual
           5.       Pembelajaran Kooperatif
           6.       Pendekatan Komunikatif
           7.       Pembelajaran Langsung

Metode yang dirancang dalam RPP pada dasarnya adalah metode yang dinyatakan secara eksplisit atau disimpulkan dari kegiatan pembelajaran yang dirancang dalam silabus. Pemilihan tambahan metode/pendekatan dapat dilakukan dengan menganalisis buku siswa, buku guru dan/atau berdasarkan kebutuhan belajar peserta didik.

E.       Sumber Belajar

Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.). Berikut adalah CONTOH cara menuliskan berbagai jenis sumber belajar.

1.         Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
2.         Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
3.         Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman)
4.         Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
5.         Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. Tersedia di Situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan
6.         Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
7.         Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya
8.         Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku)

F.        Media Pembelajaran

1.         Media
2.         Alat dan bahan

Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb.). Berikut adalah CONTOH cara menuliskan berbagai jenis media pembelajaran.

·           Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di Situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
·           Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di Situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
·           Model: Nama model yang dimaksud
·           Gambar: Judul gambar yang dimaksud
·           Realia: Nama benda yang dimaksud

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1.         Pertemuan 1

a.        Pendahuluan  (10% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam menit)
b.        Kegiatan inti (75% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam menit)
c.         Penutup (15% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam menit)

2.         Pertemuan 2

a.        Pendahuluan  (10% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam menit)
b.        Kegiatan inti (75% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam menit)
c.         Penutup (15% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam menit)

3.         Pertemuan 3

a.        Pendahuluan  (10% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam menit)
b.        Kegiatan inti (75% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam menit)
c.         Penutup (15% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam menit)

4.         Pertemuan ..., dst.

·           Disarankan pembelajaran mencakup tahap-tahap 5M (mengamati, mempertanyakan, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menganalisis, mengomunikasikan) dalam satu pertemuan. Namun demikian, apabila tahap-tahap 5M tersebut TIDAK dapat diselesaikan dalam satu pertemuan karena kurangnya waktu, tahap-tahap yang belum dilaksanakan DAPAT  dilanjutkan pada pertemuan berikutnya sampai kelima tahap tersebut selesai.
·           Kegiatan pembelajaran pada dasarnya disalin dari silabus mata pelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut dapat disempurnakan dengan cara menambah, mengurangi dan/atau mengubahnya.
·           Kegiatan pembelajaran dinyatakan dalam rumusan peserta didik melakukan apa BUKAN guru melakukan apa.
·           Pada tahap PENUTUP peserta didik ANTARA LAIN menerima tugas penguatan, pengayaan atau remedi.
·           Kegiatan pembelajaran tidak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga dapat dilakukan di luar ruang kelas dan lingkungan sekolah. Selain itu pemanfaatan TI serta kebiasaan membaca agar digalakkan.


H.      Penilaian

1.         Sikap spiritual

a.        Teknik: Observasi
b.        Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.         Kisi-kisi:

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  


  1.  


  1.  



Instrumen: lihat Lampiran ...


2.         Sikap sosial

a.        Teknik: Penilaian sejawat (antar teman)
b.        Bentuk Instrumen: ...
c.         Kisi-kisi:

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Kejujuran
1-3
  1.  
Kedisiplinan
4-6
  1.  
Tanggung jawab
6-9

Instrumen: lihat Lampiran ...

3.         Pengetahuan

                                   a.            Teknik: ...
                                  b.            Bentuk Instrumen: ...
                                   c.            Kisi-kisi:

No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  


  1.  


  1.  



Instrumen: lihat Lampiran ...

4.         Keterampilan

a.        Teknik: Observasi
b.        Bentuk Instrumen: Check list
c.         Kisi-kisi:

No.
Keterampilan
Butir Instrumen
  1.  


  1.  


  1.  



Instrumen: lihat Lampiran ...

                                                                                                           ..., .............................. 20... 
Mengetahui                                                               
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran

________________________                                                            _________________________
NIP. ...                                                                                                NIP. ...

Lampiran 1: ...
CONTOH KEGIATAN PEMBELAJARAN 5M

Lampiran 2: Format Reviu Model RPP

FORMAT REVIU MODEL RPP

A.      Petunjuk:

1.         Berikan draf model RPP yang Anda kembangkan kepada anggota satu tim Anda.
2.         Telaah draf model RPP dengan teliti dan kritis untuk mengidentifikasi aspek-aspek draft yang telah layak maupun yang masih memerlukan perbaikan berdasarkan ketentuan Kurikulum 2013.
3.         Tulis hasil telaah Anda pada FORMAT REVIEW MODEL RPP, yaitu aspek-aspek yang telah layak dan yang masih memerlukan perbaikan pada kolom yang disediakan – apabila aspek tertentu memerlukan perbaikan, tulis saran perbaikan Anda pada kolom yang tersedia. Apabila kolom yang disediakan tidak cukup, Anda dapat menuliskannya pada lembar tambahan dan/atau pada draf model RPP yang Anda telaah.
4.         Mintalah klarifikasi kepada pengembang apabila ada bagian-bagian yang Anda ragu-ragu pada draf yang Anda telaah.
5.         Reviu ini untuk memperoleh masukan penyempurnaan.

B.       Format Isian Hasil Telaah

No.
Komponen
Aspek yang Telah Layak
Aspek yang Belum Layak
Saran Perbaikan
1
Kelengkapan Komponen




2
Organisasi Komponen



3
Identitas




4
KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi





5
Tujuan Pembelajaran





6
Materi Pembelajaran







7
Metode Pembelajaran




8
Sumber Belajar




9
Media Pembelajaran




10
Langkah-langkah Keg. Pembelajaran






11
Penilaian




12
Instrumen Penilaian Sikap Spiritual






13
Instrumen Penilaian Sikap Sosial






14
Instrumen Penilaian Pengetahuan






15
Instrumen Penilaian Keterampilan






16
Kelayakan Bahasa





17
Kelayakan Ekspresi





18
Lain-lain





Surabaya, 23 Juli 2013
Penelaah,


_____________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar